Rabu, 21 September 2016

tips berwisata murah modal cekak


Tips berwisata murah modal cekak (foto: frasercoastcentral.com)
Berwisata merupakan kegiatan menyenangkan, mengembirakan hati dan menghibur diri. Banyak manfaat yang diperoleh pada sebagian orang yang bisa menikmati dan memaknai perjalanan wisatanya. Pada sebagian orang wisata bisa juga dianggap sebagai suatu kebutuhan hidup, ada juga yang menganggap wisata merupakan perjalanan warna warni hidup setelah sekian waktu menghabiskan hidup dalam rutinitas. Karenanya tujuan berwisata adalah untuk mendapatkan sebuah kenikmatan di hati.

Perjalanan wisata memang membutuhkan modal uang dan kondisi kebugaran tubuh yang prima, jangan anggap remeh wisata anda jika anda tak mempunyai kondisi tubuh yang prima, alih-alih menikmati keindahan dan keriangan suasana hati, justru rasa penat, capek dan lelah akan menghampiri anda jika anda tak mengkondisikan kebugaran tubuh anda. Berwisata juga membutuhkan modal terutama uang apalagi jika kepergian wisata anda harus menempuh perjalanan udara atau laut dan harus stay beberapa malam, sungguh hal itu harus anda pikirkan matang-matang. Jika harus bepergian sendiri atau mengajak keluarga tentu uang yang dikeluarkan pun berbeda jumlahnya.

Lantas bagaimana mensiasati berwisata murah meriah dengan modal cekak? Tak perlu modal uang banyak, cukup seadanya tapi dapat menikmati suasana wisata yang meriangi hati anda. Berikut tips berwisata murah dengan modal cekak sekalipun. 

1. Cari tau terlebih dahulu
Cari tau dulu tempat wisata yang bakal anda kunjungi
Cari tahu kondisi daerah tempat wisata yang bakal anda kunjungi apakah daerah wisata itu berbiaya hidup tinggi apa tidak, keamanan kotanya, ketersediaan penginapan, angkutan jalan (angkot, ojek, taxi), biaya makan, tarif laundry dan tarif masuk ke tempat destinasi wisatanya apakah bertarif mahal atau murah. Bisa juga di tanyakan langsung pada orang yang pernah berwisata kesana atau cari tau di internet

2. Cari tiket promo
Cari tiket promo murah
Jika anda memutuskan naik pesawat, kereta api, bus/travel carilah moda angkutan yang sedang promo, hal itu lumayan bagus dalam menghemat pengeluaran. Catat kapan mulai promo dan sesuaikan dengan agenda anda jangan sampai anda lupa.

3. Pilih berangkat di hari biasa bukan di hari libur
Pilihlah berangkat berwisata di hari biasa bukan di hari libur
Jangan coba-coba anda memilih berangkat berwisata di hari libur atau di tanggal merah jika anda ingin berhemat dan tak mau perjalanan wisata anda terganggu kemacetan. Hari libur (tanggal merah) tentunya harga tiket lebih mahal dibanding hari biasa, jika tak ada tiket promo cari tiket murah keberangkatan di hari biasa.

4. Bertanyalah kepada teman atau kerabat
Bertanyalah kepada kerabat atau teman, jangan malu bertanya
Tak ada salahnya jika sebelum memutuskan berangkat berwisata anda tanyakan dulu biaya ke tempat-tempat wisata favorit anda, biaya makan dan lain-lain kepada teman atau kerabat keluarga yang tinggal di daerah wisata yang akan anda kunjungi. Lebih baik lagi jika seandainya mereka (teman/kerabat anda) mempersilahkan anda menginap di rumahnya. Ini tentu bakal menghemat kantong anda karena anda tak perlu banyak keluar uang untuk biaya menginap di losmen, sudah hemat bukan?

5. Tidur di tempat umum
Tidur ditempat umum 
Jika memang anda betul-betul ingin "super berhemat" mati-matian boleh memilih pilihan no.5 diatas, tidurlah di pom bensin, di rumah ibadah semisal tidur di masjid, gereja atau wihara, atau bisa juga anda numpang tidur di pos polisi, pos hansip atau pos satpam, beritahu mereka bahwa anda seorang backpaker, tapi awas jangan sampai anda tidur di bak sampah yaa, hee hee hee...

6. Jadilah orang yang ramah
Jadilah orang yang ramah
Jika anda telah mulai berangkat dengan moda transportasi tertentu bersikaplah ramah dengan siapa saja, siapa tau anda berbincang-bincang dengan orang-orang yang tempat tinggal atau rumahnya berada didaerah wisata yang anda tuju dan siapa tau jika bernasib mujur mereka memperbolehkan anda menginap atau berkunjung dirumahnya, setidaknya biaya inap dan makan-minum tak banyak anda keluarkan.

7. Naik angkutan murah
Naiklah angkutan murah untuk menghemat uang anda
Jika sudah sampai di kota tujuan wisata anda, cari dan naiklah angkutan transportasi yang murah semisal angkot atau ojek, tak perlu naik taxi itu terlalu mahal. Tanyakan dulu jurusan angkot atau ojek yang mengarah ketujuan yang anda inginkan beserta tarifnya, carilah angkutan yang praktis dan murah.

8. Menyewa sepeda atau motor

Rental motor agar leluasa anda bepergian 
Rental sepeda tentunya lebih murah
Seandainya setelah anda hitung-hitung lebih susah dan kemahalan menggunakan angkutan transportasi umum setelah sampai di kota tujuan wisata anda, tak ada salahnya jika anda memikirkan berpaling untuk menyewa sepeda atau motor dengan tarif murah. Hal itu akan meleluasakan anda bepergian kemanapun selama anda berada dikota tujuan wisata anda.

9. Pandai-pandailah menawar harga bila anda berbelanja
Tawarlah harga semurah mungkin.
Jika anda piawai dalam tawar menawar harga dalam berbelanja tentunya akan bisa menghemat pengeluaran anda selama anda stay di kota tempat wisata favorit anda. Belanjalah karena kebutuhan bukan karena keinginan. Jika memang anda ingin berbelanja souvenir, oleh-oleh makanan, pernak-pernik sebisa mungkin tawarlah semurah-murahnya.

10. Cari tempat makan yang murah
Makan di warung, warteg ataupun warkop dalam menghemat uang anda
Tak perlu mencari tempat makan di restoran atau di mall, justru itu akan membuat isi dompet anda kebobolan. Carilah tempat makan yang murah tetapi tetap berkualitas dan higienis, warteng, warkop, warung-warung makan murah tentunya mampu membantu meringankan keuangan anda.

Demikian tips bepergian wisata bagi anda yang berkantong cekak, ingin irit tapi menginginkan hasil kepuasan wisata yang menyenangkan hati anda. Selamat berwisata walau dengan modal uang pas-pas an yang penting menyenangkan.






0 komentar

Posting Komentar