Minggu, 14 Agustus 2016

Wisata Hutan Alas Purwo Banyuwangi

Taman Nasional Alas Purwo, Kab. Banyuwangi
Apakah anda suka suasana hutan? hutan yang sunyi gelap jauh dari suara keramaian manusia? Jika anda pecinta wisata tak ada salahnya memilih wisata hutan sebagai tujuan alternatif dari sekian banyak destinasi wisata lainnya. Hutan itu eksotik, menyimpan ragam pesona flora dan fauna yang mungkin juga menyimpan misteri lain yang menakjubkan anda para pecinta wisata alam. Kali ini anda kami ajak berwisata hutan di Banyuwangi tepatnya di hutan Alas Purwo.
Savana Alas Purwo
Hutan Alas Purwo merupakan hutan taman nasional yang berada di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi dengan luas 43.420 Ha. Hutan ini termasuk salah satu hutan yang masih alami di pulau Jawa dan tetap terjaga keasliannya. Secara geografis terletak di ujung tenggara Pulau Jawa wilayah pantai selatan antara 8°26’45”–8°47’00” LS dan 114°20’16”–114°36’00” BT.
Hutan yang masih perawan
Di Taman Nasional Alas Purwo ini terdapat sekitar 50 jenis fauna dan 589 jenis flora yang tersebar di area hutannya. Nama Alas Purwo diambil dari bahasa Jawa, Alas diartikan sebagai hutan dan Purwo diartikan sebagai pertama atau permulaan. Sehingga Hutan Alas Purwo bisa diartikan sebagai hutan pertama sekaligus hutan tertua di Jawa. Taman Nasional Alas purwo membagi zona area hutannya menjadi empat zona, ada zona inti, zona rimba, zona pemanfaatan dan zona penyangga. Hutan ini benar-benar terjaga keamanannya dari prilaku buruk manusia, karena segala flora dan faunanya benar-benar dijaga perlindungan hidupnya.
Hutan bambu Alas Purwo 
Hutan Alas Purwo memang cukup populer bagi masyarakat setempat karena hutan ini dianggap menyimpan banyak misteri dan sebagian masyarakat ada yang menganggap hutan ini sebagai sesuatu yang dikeramatkan. Hutan Alas Purwo dianggap sebagai tanah awal mula sehingga banyak orang yang melakukan ritual bersemedi atau bertapa, lebih-lebih jika tanggal 1 Syuro, hutan ini ramai dengan aktifitas ritual masyarakatnya. Suasana hutan yang masih asli ini menambah kesan populernya hutan ini bagi masyarakat disana. Memang benar, hutan Alas Purwo masih menyimpan keaslian hutan yang sesungguhnya.

Berdasarkan tipe ekosistemnya, hutan di Taman Nasional Alas Purwo dapat di kelompokkan menjadi hutan bambu, hutan pantai, hutan bakau/mangrove, hutan tanaman, hutan alam, dan padang penggembalaan (Feeding Ground),  (sumber: wikipedia).

Keanekaragaman jenis fauna di kawasan TN Alas Purwo secara garis besar dapat dibedakan menjadi 4 kelas yaitu Mamalia, Aves, Pisces dan Reptilia. Mamalia yang tercatat sebanyak 31 jenis, di antaranya yaitu : Banteng (Bos javanicus), Rusa (Cervus timorensis), Ajag (Cuon alpinus), Babi Hutan (Sus scrofa), Kijang (Muntiacus muntjak), Macan Tutul (Panthera pardus), Lutung (Trachypithecus auratus), Kera Abu-abu (Macaca fascicularis), dan Biawak (Varanus salvator), (sumber: wikipedia)

Burung yang telah berhasil diidentifikasi berjumlah 236 jenis terdiri dari burung darat dan burung air, beberapa jenis di antaranya merupakan burung migran yang telah berhasil diidentifikasi berjumlah 39 jenis. Jenis burung yang mudah dilihat antara lain : Ayam Hutan (Gallus gallus), Kangkareng (Antracoceros coronatus), Rangkok (Buceros undulatus), Merak (Pavo muticus) dan Cekakak jawa (Halcyon cyanoventris). Sedangkan untuk reptil telah teridentifikasi sebanyak 20 jenis, (sumber: wikipedia).

Selain menyimpan pesona hijaunya hutan Alas Purwo ternyata ada juga destinasi lainnya yang berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo ini yang bisa anda kunjungi untuk menambah rasa ingin tahu anda tentang isi dari Hutan Alas Purwo. Berikut obyek wisata lainnya yang berada di kawasan Hutan Taman Nasional Alas Purwo :
  • Hutan Bambu
Rimbunnya hutan bambu di Alas Purwo
Tempat ini merupakan salah satu tempat yang ramai dikunjungi sekaligus salah satu tempat favorit para wisatawan karena begitu banyaknya jejeran bambu jajang yang masih alami denga suasana udara yang bersih dan sejuk, bahkan ada sebagian orang yang menganggap tempat ini sebagai salah satu obyek magis yang ada di Alas purwo. Jika anda petualang wisata jangan lewatkan tempat yang satu ini.
  • Hutan Pantai Triangulasi
Hutan Pantai ini memiliki pantai berpasir putih yang masih sangat alami yang dikelilingi oleh pohon nymaplung dan bogem. Hutan Pantai ini sangat berbahaya karena ombak yang cukup besar sehingga pantai ini tidak memperbolahkan wisatawan untuk berenang.
  • Sadengan
Kawasan ini merupakan kawasan tempat bermukimnya kawanan banteng, rusa, sapi dan burung merak yang indah menawan. Tak ubahnya mirip kawasan padang savana di afrika. Wisatawan tidak perkenankan masuk ke wilayah savana ini tanpa ada kawalan para pemandu khusus.

  • Pura Giri Seloka dan Situs Kawitan
Bagi wisatawan yang juga suka dengan peninggalan sejarah, dapat juga menjumpai sisa-sisa peninggalan berupa Situs kawitan yang dibangun Pura Giri Selaka pada masa kerajaan Majapahit yang digunakan umat Hindu untuk melakukan acara keagamaan. Situs ini dikenal keramat oleh para masyarakat setempat. Konon gapura-gapura gaib dan prajurit-prajurit yagn berlalu lalang yang berada disekitar situs ini dapat dilihat dan dirasakan oleh orang-orang yang bersemedi disekitar situs ini.
  • Gua
    Gua Alas Purwo
Ada tiga gua yang berada di hutan Alas Purwo yakni gua Mayangkoro, Gua istana dan Gua Padepokan. Diantara kegiga gua tersebut, Gua Istana yang banyak dikunjungi para wisatawan, sedangkan Gua Padepokan dan Mayangkoro dijadikan tempat keramat dan tempat bersemedi.
  • Pantai Pancur

Pantai Pancur

Pantai ini terkenal dengan muara air tawar yang dipercaya dapat memberi khasiat awet muda bagi mereka yang mandi dan meminumnya.

Demikian informasi petualangan wisata hutan dari indowisata. Jika anda punya stamina yang prima destinasi wisata yang satu ini dapat anda coba bagi kepuasan wisata anda.


0 komentar

Posting Komentar